STRATEGI

Gambar diambil dari: 
https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-strategi-didalam-sebuah-perusahaan/14198

Strategi berasal dari bahasa Yunani "strategos" yang berarti "Komandan Militer" pada masa Demokrasi Athena. Strategi dapat diartikan sebagai keseluruhan pendekatan dan cara yang dapat digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Semakin rumit masalah yang dihadapi maka akan semakin kompleks strategi yang digunakan. 

Dalam buku Manajemen Strategik-Pengetahuan yang dikutip oleh Kusumadmo (2013), kata strategi secara etimologis berasal dari kata Strategos dalam bahasa yunani yang terbentuk dari kata stratos atau tentara dan kata ego atau pemimpin. Dalam Oxford Learner’s Pocket Dictionaries (2010), Strategy (noun) : a plan of action designed to achieve a long-term or overall aim. Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia berarti rencana aksi yang dirancang untuk mencapai jangka panjang atau tujuan secara keseluruhan.

Strategi dibedakan dengan taktik yang memiliki ruang lingkup yang lebih sempit dan waktu yang lebih singkat, walaupun pada umumnya orang sering kali mencampuradukkan ke dua kata tersebut. Strategi sering dikaitkan dengan Visi dan Misi, walaupun strategi biasanya lebih terkait dengan jangka pendek dan jangka panjang (wikipedia).

Menurut buku Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tahun 2007, Strategi: (1) ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya bangsa-bangsa untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu di perang dan perdamaian; (2) ilmu dan seni memimpin bala tentara untuk menghadapi musuh dalam perang, untuk mendapatkan kondisi yang menguntungkan; (3) rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus; (4) tempat yang baik menurut siasat perang.

Dalam Dunia Bisnis Strategi dapat dimaknai sebagai keputusan dan tindakan yang diambil perusahaan untuk mencapai keunggulan kompetitif dalam suatu pasar tertentu. Strategi ini memerinci tindakan-tindakan yang diarahkan oleh para manajer dalam pencarian mereka untuk mendapatkan keunggulan kompetitif ketika bersaing dalam satu pasar produk.  

Pada awalnya strategi dipergunakan untuk kepentingan militer saja tetapi kemudian berkembang ke berbagai bidang yang berbeda seperti strategi bisnis, olahraga (misalnya sepak bola dan tenis), catur, ekonomi, pemasaran, perdagangan, dan manajemen strategi. 

Strategi merupakan suatu pedekatan yang semua berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan serta eksekusi dalam aktivitas yang memiliki kurun waktu tertentu. Dengan strategi yang baik maka tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai secara efektif, efisien dan rasional. Dengan demikian maka strategi adalah proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai.

Macam-macam Strategi:

1. Strategi Politik

2. Strategi Ekonomi

3. Strategi Militer

4. Strategi Perdagangan

5. Strategi Budaya


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama