ARTING PENTING STRATEGI

Sumber: logique.co.id
Ketika kita bicara tentang strategi maka pada dasarnya kita telah sadar bahwa kita akan mencapai satu tujuan yang tidak mudah mencapainya. Kita memikirkan berbagai hal tentang apa yang harus dilakukan dan bagaimana caranya melakukan itu sehingga tujuan yang telah kita tetapkan dapat dicapai dengan baik. Dalam hal inilah sebenarnya kita memerlukan Apa yang disebut dengan strategi. 

Strategi merupakan suatu ilmu perencanaan dalam skala besar yang mampu menggerakkan berbagai sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Strategi dapat juga dianggap sebagai suatu rencana atas tindakan-tindakan besar yang terintegrasi dan terkoordinasi. 

Strategi diciptakan atas berbagai pertimbangan baik kekuata, kelemahan, peluang maupun tantangan yang dihadapi oleh sebuah organisasi. 

Merumuskan strategi berarti mempertimbangkan banyak hal baik yang besar maupun yang kecil. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terkait dengan perumusan sebuah strategi adalah:

1. Sumber daya manusia

2. Peralatan yang dimiliki

3. Kemampuan finansial

4. Tujuan yang hendak dicapai

5. Waktu yang dibutuhkan

6. Kondisi eksternal

Selain keenam hal tersebut tentu masih ada yang perlu dipertimbangkan kan oleh para penyusun strategi yang semuanya tergantung pada keadaan masing-masing organisasi. Makin besar dan kompleks organisasi maka makin rumit rumusan strategi yang dibuat. Dan sebaliknya makin sederhana ukuran organisasi maka strategi yang dirumuskan juga sederhana atau mudah. 

Beberapa tokoh merumuskan istilah strategi dengan berbagai pandangan yakni

  1. Chandler, menyatakan bahwa strategi itu merupakan alat untuk mencapai tujuan perusahaan dalam kaitannya dengan tujuan jangka panjang, program tindak lanjut, serta prioritas alokasi sumber daya.
  2. Learned, Christensen, Andrews dan Guth, menyatakan bahwa  strategi merupakan alat untuk menciptakan keunggulan bersaing. Dengan emikian maka salah satu fokus strategi adalah memutuskan Apakah bisnis itu harus ada atau tidak. 
  3. Rangkuti (2013) mengemukakan bahwa strategi adalah perencanaan induk yang bersifat komprehensif yang menjelaskan Bagaimana organisasi akan mencapai semua tujuan yang telah ditetapkan berdasarkan misi organisasi tersebut. 



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama